Thursday, October 11, 2012

Arsitektur Telematika

Arsitektur disini dapat didefinisikan sebagai gaya konstruksi dan organisasi dari komponen-komponen sistem komputer. Walaupun elemen-elemen dasar komputer pada hakekatnya samaatau hampir semuanya komputer digital, namun terdapat variasi dalam konstruksinya yangmerefleksikan cara penggunaan komputer yang berbeda.

Arsitektur juga dapat diartikan sebagai strukturdesain komputer dan semua rinciannya, sepertisistem sirkuit, chipset, slot ekspansi, BIOS dansebagainya

Dengan kemajuan teknologi telekomunikasi danteknologi informasi atau lebih dikenal dikenaldengan istilah Telematika atau dalam istilahasingnya ICT (Information and CommunicationTechnology) menawarkan sesuatu yang pada awalperkembangan komputer sangatlah mahal yaitumini komputer, workstation dan personalkomputer yang memiliki kemampuan setaramainframe dengan harga yang jauh lebih murah

Hal itu mendorong munculnya paradigma barudalam pemrosesan data yaitu apa yang disebut Distributed Processing dimana sejumlahkomputer mini komputer, workstation atau personal komputer menangani semua proses yangdidistribusikan secara phisik melalui jalur jaringan komunikasi.

Tiga elemen utama sebuah arsitektur, masing-masing sering dianggap sebagai arsitektur, adalah:

1.Arsitektur sistem pemrosesan, menentukan standar teknis untuk hardware, lingkungansistem operasi, dan software aplikasi, yang diperlukan untuk menangani persyaratanpemrosesan informasi perusahaan dalam spektrum yang lengkap. Standar merupakanformat, prosedur, dan antar muka, yang menjamin bahwa perlengkapan dan software darisekumpulan penyalur akan bekerja sama.

2.Arsitektur telekomunikasi dan jaringan, menentukan kaitan di antara fasilitas komunikasiperusahaan, yang melaluinya informasi bergerak dalam organisasi dan ke peserta dariorganisasi lain, dan hal ini juga tergantung dari standar yang berlaku.

3.Arsitektur data, sejauh ini merupakan yang paling rumit diantara ketiga arsitektur di atas,dan termasuk yang relatif sulit dalam implementasinya, menentukan organisasi datauntuk tujuan referensi silang dan penyesuaian ulang, serta untuk penciptaan sumberinformasi yang dapat diakses oleh aplikasi bisnis dalam lingkup luas.

Arsitektur client – server telematika terdiri dari 2 buah arsitektur yakni, arsitektur sisi client dan sisi servernya.

Asitektur Sisi Client

Istilah ini merujuk pada pelaksanaan atau penyimpanan data pada browser (atau klien) sisi koneksi HTTP. Java Script adalah sebuah contoh dari sisi klien eksekusi, dan cookie adalah contoh dari sisi klien penyimpanan.

Karakteristik Client :

- Selalu memulai permintaan ke server.
- Menunggu balasan.
- Menerima balasan.
- Biasanya terhubung ke sejumlah kecil dari server pada satu waktu..

Arsitektur Sisi Server

Adalah sebuah eksekusi sisi server web khusus yang melampaui standar metode HTTP yang harus mendukung. Sebagai contoh, penggunaan CGI script di sisi server khusus yang tertanam di tag halaman HTML; tag ini memicu suatu tindakan kejadian atau program untuk mengeksekusi.

Karakteristik Server:

-Selalu menunggu permintaan dari salah satu klien.
- Melayani permintaan klien kemudian menjawab dengan data yang diminta ke klien.
- Sebuah server dapat berkomunikasi dengan server lain untuk melayani permintaan klien.
- Jenis server khusus mencakup: web server, FTP server, database server, E-mail server, file server, print server. Kebanyakan layanan web ini juga jenis server.

Sumber :
http://kazuyainfo.blogspot.com/2011/09/tugas-arsitektur-telematika.html
http://she2008.wordpress.com/2011/10/31/telematika

No comments:

Post a Comment